Connect with us

CS: GO

ESL Pro League dan Flashpoint Resmi Miliki Kesepakatan Hak Siar

Baru-baru ini ajang ESL Pro League telah melakukan kesepakatan hak sir dengan salah satu broadcaster olahraga kenamaan dari Jerman, mereka adalah Sport1. Untuk kedepannya pihak Sports1 akan memiliki hak penuh atas penyiaran turnamen yang diselenggarakan oleh ESL tersebut. Kemudian disisi lain turnamen Flashpoint yang akan menandingkan berbagai tim CS : GO ternama juga telah mendapatkan kontrak kesepakatan hak siar dengan salah satu media asal Rusia.

Secara teknis sebenarnya pihak Sport1 hanya memiliki kesepakan sublisensi dari pihak 7Sports, yang merupakan salah satu sub bisnis dari ProSiebenSat 1 Group. Akan tetapi dengan kesepakatan yang ada Sports 1 memiliki hak penuh untuk menyiarkan berbagai acara ataupun turnamen yang dilakukan oleh ESL, yang mana termasuk diantaranya adalah program ulasan acara. Kedepan Sports 1 juga akan menayangkan turnamen ESL One Rio de Jenerio, trunamen tersebut merupakan kompetisi dari Dreamhack.

Sports 1 sebenarnya slah satu saluran tv berbayar yang cangkupan wilayahnya terbilang cukup luas, sehingga nantinya seluruh acara ESL yang mereka siarkan akan bisa dinikmati dibeberapa wilayah seperti Jerman, Swis, dan juga Austria. Tidak hanya itu nantinya para penggemar turnamen ESL juga bsia menyaksikan siaran langsung dan ulasan acara melalui platform digital mereka.

 Sebelumnya pihak 7Sports memang telah memiliki kesepakatan hak siar untuk turnamen-turnamen ESL tersebut, akan tetapi kemudian mereka kembali memperpanjangnya pada bulan Februari lalu, dan hingga tahu 2022 nanti mereka akan memiliki hak penuh atas seluruh turnamen ESL. Dalam pembaruan kesepakatan tersebut mereka juga diberakan hak ekslusive untuk menyiarkan berbagai turnamen ESL di negara-negara perbatasan Jerman, dan juga memiliki hak atas digital global yang nantinya bisa diakses melalui portal resmi mereka Esports.com.

Bwin Indside esports merupakan salah satu program yang dimiliki mereka, program ini digunakan untuk menyiarkan laporan dari seri Pro Tour. Dan disisi lain mereka juga secara resmi telah memiliki saluran esports mandiri sejak tahun 2019 lalu, dan ESL merupakan salah satu mitra tetap Sports 1.

Mengenai saluran esports mandiri yang dimiliki oleh Sports 1, Chief Operating Officer mereka yakni, Daniel Von Busse memberikan komentarnya, menurutnya dengan memiliki saluran esports sendiri itu adalah sebuah langkah baik untuk bisa mengejar popularitas paltform streaming saat ini.

Disisi lain Falshpoint yang merupakan salah satu turnamen CS : GO, beberapa waktu lalu juga mengamankan hak siarnya bersama salah satu media Rusia. Adalah Ruhub sebuah media esports Rusia yang nantinya akan menyiarkan seluruh gelaran kompetisi Flashpoin. Hak siar eksklusif yang mereka dapatkan ini adalah kabar bahagia untuk seluruh penggemar CS : GO, pasalnya mereka akan bisa menyaksikan turnamen Flashpoin dalam bahasa Rusia.

Flashpoin merupakan salah satu liga CS : GO yang berbasis di negara Amerika Selatan, turnamen ini juga disponsori oleh salah satu organisasi esports saingan ESL. Dengan adanya liga CS : GO ini diharapkan akan mampu membuat pertumbuhan ekosistem CS : GO menjadi lebih stabil.

Akan tetapi harus disayangkan bahwa seluruh gelaran turnamen ESL Pro League maupun Flashpoin untuk sementara waktu ini harus ditangguhkan karena adanya penyebaran virus corona yang tengah merajalela di seluruh dunia. Hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan turnamen CS : GOakan kembali dilaksanakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CS: GO