Connect with us

Dota 2

Ajang ESL One Los Angeles Resmi Dibatalkan Karena Krisis Virus Corona!

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran virus Corona atau yang memiliki nama sebenarnya Covid 19 ini membawa dampak yang cukup besar dalam dunia esports. Sejak awal tahun karena kehadiran virus ini telah ada banyak agenda esports yang ditangguhkan, bahkan juga dibatalkan.

Kali ini adalah agenda ESL Onle Los Angeles Major yang menjadi korban selanjutnya. Meskipun sebelumnya sempat dikabarkan akan tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya, akan tetapi kini acara LA major justru resmi dibatalkan oleh Valve dan juga ESL. Pembatalan acara tersebut juga belum dibarengi dengan tanggal pengganti yang pasti, akan tetapi untuk seluruh pihak terlibat, baik caster maupun tim telah mendapat pemberitahuan pembatalan ini secara resmi dari pihak Valve selaku pengembang Dota 2 dan juga ESL selaku penyelenggara acara.

Sebagaimana berita yang sebelumnya telah diterbitkan oleh pihak vpesports, dan juga wing g bahwa acara ESL One LA Major ini akan tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya. Akan tetapi acara tersebut akan digelar tanpa penonton, alasan dari gelaran tanpa penonton ini adalah krisis vorus corona yang saat ini kian merajalela. Kemudian pada tanggal 12 Maret kemarin Rod Slasher Brelau yang merupakan seorang konsultan esports, mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi pembatalan acara tersebut melalui twitternya.

Dalam pernyataan resminya pihak ESL menegaskan bahwa acara ESL One Los Angeles 2020 akan ditunda, hal ini dikarenakan adanya pembatasan perjalanan akibat merekanya virus corona. Mereka juga menegaskan bersama dengan Valve kedepan akan segera menentukan waktu dan juga loaksi baru untuk pelaksanaan acara.  Meskipun mengaku sangat kecewa dengan pembatalan ini, akan tetapi mereka sadar bahwa ini memang demi kebaikan semua pihak.

Kian parahnya virus Corona yang mengancam dunia kemudian membuta Presiden Amerika Serikat, Donal Trump memutuskan untuk melarangs leuruh perjalanan dari Eropa menuju ke Amerika. Karena hal tersebut berbagai acara terpaksa harus dibatalkan, yang mana salah satunya adalah ESL LA Major.

Selain ESL LA Major, rupanya beberapa acara lain seperti CS : GO Major, dan juga seluruh acara homestand ovewatch League yang seharusnya digelar selama 6 minggu kedepan juga harus turut dibatalkan. Namun bisa dikatakan bahwa pembatalan acara LA major ini merupakan salah satu pembatalan acara yang paling menyakitkan untuk para tim Dota 2, karena dengan adanya pembatalan acara ini maka akan memengaruhi perjalanan masing-masing tim untuk melaju di The Internasional 2020.

Dampak besar yang akan terjadi karena pembatalan acara ini sudah sangatlah jelas, dengan adanya pembatalan ini maka rangkaian acara DPC musim 2019-2020 jelas terpengaruhi, DPC sendiri merupakan rangkaian acara untuk menentukan tim mana saja yang nantinya akan lolos ke The Internasional, Jadi jika salah satu saja agenda DPC ada yang dibatalkan maka itu akan membawa dampak tidak baik dalam rangkaian acara menuju The Internasional.

Sebelumnya kasus yang mirip dengan hal ini juga sempat terjadi. Pada tahun 2018 lalu ajang Galaxy Battle Major juga dibatalkan, karena hal tersebut banyak tim yang telah lolos namun harus menerima kenyataan tidak mendapatkan poin DPC. Meskipun demikian banyak yang meyakini bahwa pembatalan LA Major ini akan memiliki dampak yang lebih besar.

Disisi lain pihak ESL dan Valve juga menjelaskan bahwa mereka akan berusaha untuk menentukan agenda baru, dan bukan tidak mungkin bahwa LA Major hanya akan ditangguhkan bukan dibatalkan. Akan tetapi jika melihat kondisi yang ada, hal tersebut spertinya akan sangat sulit dilakukan, pasalnya saat ini ada banyak larangan bepergian dan juga pertemuan antar negara di seluruh negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Dota 2