Connect with us

Esports

Diskriminasi Yang Dialami Oleh Pemain Esports Wanita

Dunia Esports China masih melakukan diskriminasi terhadap pemain wanita. Kejadian ini tentunya berbanding kebalik dengan pemain wanita di Indonesia.

Pemain Esports China sebenarnya sangat jarang tampil di publik. Sebagian warga negara China ini kebarnya memiliki pandangan yang berbeda ketika melihat atlet olahraga bedasarkan gender.

Pendapatkan itu sendiri disampaikan secara langsung oleh pemenang wanita pertama dalam kompetisi Esports Hearthstone World Championship 2019 asal China, Li Xiaomeng. Setelah mendapatkan piala dunia tersebut, pemain Esports berusia 23 tahun tersebut mengatakan bagaimana pelakukan kaum pria padanya.

“Saat berada dalam sesi pendaftaran, ada seorang pemain pria yang mengatakan ‘Jika kamu adalah seorang gatis, kamu tidak pantas untuk disini. Disini bukan tempat yang tepat bagimu.’ kata Li berlinang air mata ketika ditanya pembaca acara yang dilansir dari Abacus News.

“Apakah hal ini karena dosa saya yang lemah atau karena saya adalah seorang wanita? Menurut saya itu adalah sebuah penilaian yang tidak berdasar.” kata Li.

Menurut beberapa berita yang beredar, China sempat membantu sebuah dinasti Esports untuk kaum wanita sejak tahun 2016 lalu. Sayang hanya dengan anggota aktif 200 pemain membuat komunitas ini tidak bertahan lama dan akhirnya dibubarkan.

Kali ini China telah melakukan langkah yang serius dengan melihat perkembangan Esports yang besar setelah Li sebagai pemain Esports wanita pertama yang berhasil menjadi juara di kompetisi Internasional. Apalagi kabar yang beredar mengatakan salah satu negara besar di Asia tersebut sudah memiliki pemain Esports wanita sebesar 300 juta hingga saat ini.

Jika melihat hal ini, maka China bisa bersaing dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia telah berhasil mengembangkan Esports untuk wanita sejak tahun 2008.

Salah satu contohnya ialah NXA Ladies yang dibuat oleh Monica Carolina alias NIXIA hingga menjadi salah satu tim senior Esports Wanita di Indonesia. Tentu berbeda dengan di China, pemain Esports wanita menerima banyak tempat di hati para pemain baik wanita ataupun pria.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Esports