Connect with us

Mobile Legend

Inilah Alasan Indonesia Dapat Menjadi Jagoan Mobile Legends

Mobile Legends Bang-Bang

Istilah esports memang masih belum terlalu populer di Indonesia. Namun, sudah banyak sekali prestasi yang diukir oleh para atlet esport untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hal inilah yang membuat Indonesia semakin dikenal di berbagai kompetisi esports bergengsi. Sudah banyak sekali kompetisi tingkat internasional yang berhasil dimenangkan oleh tim Indonesia. Contohnya Fnatic / XcN yang merupakan tim yang menaungi atlet esports Indonesia seperti Ariyanto Sonny, Farad Kowara, dan atlet esport lainnya berhasil memenangkan ajang bergensi DotA di tingkat internasional. Tidak hanya itu, terdapat juga TEAMnxl yang berhasil memenangkan berbagai turnamen CS:GO di tingkat internasional. Tim yang menaungi Richard Permana ini berhasil menyabot berbagai penghargaan pada kompetisi di tingkat internasional yang semakin mengangkat nama Indonesia.

Tidak hanya untuk game yang publisher-nya berasal dari luar Indonesia. Untuk beberapa permainan yang publisher-nya dari Indonesia pun tidak kalah kompetitif. Sebut saja permainan AyoDance atau Point Blank yang berbagai kompetisinya dimenangkan oleh atlet esports Indonesia. Tentu saja prestasi-prestasi gemilang tersebut dapat menaikkan nama Indonesia di berbagai ajang kompetisi bergengsi tingkat dunia. Hanya saja, prestasi-prestasi tersebut belum bisa menjadikan Indonesia sebagai trendsetter video games dunia. Namun, ternyata Indonesia memiliki kesempatan sebagai trandsetter esports tingkat dunia yaitu pada games Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB. Mengapa Demikian? Berikut ini alasannya.

Tim Indonesia Mendominasi Kompetisi Tingkat Internasional

Indonesia memang sudah sangat sering memenangkan berbagai macam kompetisi yang berhubungan dengan esports di tingkat internasional. Namun ternyata Indonesia belum cukup kuat untuk bisa mendominasi di berbagai kategori games yang sudah dimenangkan. Akan tetapi pada dua kategori games, Indonesia cukup kuat dan hampir mendominasi yaitu pada games AyoDance dan Mobile Legends. Indonesia dapat mendominasi Mobile Legends di tingkat dunia karena sudah ada 2 kompetisi esports tingkat internasional dengan finalist yang semuanya berasal dari Indonesia. Pertandingan tersebut diantaranya yaitu MSC dan M1 World Championship yang sama-sama diselenggarakan pada tahun 2019 lalu. Pada final MSC yang diselenggarakan pada tanggal 19 sampai 23 Juni 2019 menyisakan ONIC dan Louvre. Lalu pada M1 World Championship yang finalnya berlangsung pada tanggal 11 sampai 17 November 2019 mempertemukan EVOS dengan RRQ yang juga berasal dari Indonesia.

MPL Indonesia League Commisioner, Lucas Mao menuturkan bahwa banyak sekali pemain dari luar yang memperhatikan cara bermain para pemain Indonesia. Bahkan para pemain dari Turki secara sengaja melihat untuk belajar skill serta strategi yang digunakan oleh para pemain Indonesia. Tidak jarang juga gamer lainnya yang mengaku sebagai penggemar ONIC Esports. Pada liga yang diselenggarakan di Turki tersebut juga ada seorang pemain yang mengaku mengidolakan ONIC Esports dan secara khusus mengikuti perkembangan mereka agar dapat meningkatkan skill yang dimilikinya. Tingkat skill dan strategi bermain yang lebih unggul dari negara lain bisa digunakan sebagai salah satu alasan kuat Indonesia dapat menjadi trandsetter MLBB. Sebab, di dunia olahraga pun Eropa menjadi jagoan di bidang sepak bola lalu Amerika Serikat menjadi jagoan di bidang bola basket dengan skill dan strategi yang lebih unggul.

Itulah salah satu alasan mengapa MLBB dapat menjadikan Indonesia sebagai trandsetter dunia. Sebab, kemampuan para pemain Indonesia pun sudah diakui oleh para gamer dari berbagai negara lainnya. Selain itu, sudah banyak pula penghargaan yang diraih oleh para atlet esports Indonesia di berbagai Liga MLBB tingkat internasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Mobile Legend