Connect with us

Mobile Legend

Krisis Corona Bikin MPL Malaysia dan Singapura Kini Resmi Derhentikan

Kita tahu bahwa setiap tahun Moonton akan mengawali tahun dengan menylenggarakan turnamen Mobile Legends di negara-negara Asia Tenggara, turnamen tersebut bertajuk Mobile Legends Profesional League. Dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, seharusnya Singapura dan Malaysia juga menyelenggarakan acara tersebut pada awal tahun ini.

Akan tetapi kita sama tahu bahwa saat ini seluruh dunia tengah dibuat panik oleh virus Covid 19. Saat ini telah dipastikan bahwa penyebarannya kini semakin meluas, dan hal tersebut jelas memengaruhi berbagai agenda esports yang setiap gelarannya selalu melibatkan masa dalam jumlah besar.

Masih sangat lekat di ingatan bahwa pada tanggal 31 Desember 2019 pemerintah China mengumumkan telah ditemukan pasien yang terinfeksi virus Corona di daerah Wuhan. Tidak lama setelahnya jumlah masyarakat yang terinfeksi semakin meningkat, hingga puncaknya adalah pada tanggal 25 Januari saat pemerintah China memberlakukan kebijakan lockdown untuk beberapa wilayah yang ada disana karena jumlah pasien akibat Corona Virus sudah tidak terbendung lagi. Dan saat ini penyebaran virus telah sangat meluas, sehingga berbagai hal kini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Ranah esports adalah salah satu korban dari virus ini, terakhir ada kabar dari game Mobile legends  bahwa MPL di beberapa negara kini harus diberhentikan.

Indonesia masih cukup beruntung karena tetap bisa melanjutkan MPL Season 5 meskipun terpaksa dilaksanakan tanpa penonton. Sedangkan Malaysia dan Singapura mereka terpaksa mau tidak mau harus menghentikan turnamen Mobile Legends terbesar ini.

Kebijakan dari 2 negara tersebut memang mengharuskan pihak penyelenggara mau tidak mau menghentikan gelaran, pasalnya Singapura dan Malaysia menjadi negara dengan jumlah penularan Covid 19 yang cukup tinggi. Dan karena masih belum bisa dipastikan wabah ini akan mereda di negara tersebut maka tidak bisa diketahui pula kapan Mobile Legends Pro League ini akan kembali digelar.

Sebenarnya tindakan yang diambil oleh pihak penyelenggara untuk menghentikan ajang MPL ini adalah satu tindakan yang bijak. Bagaimanapun mengingat tingkat penyebaran virus yang sangat mudah dan cepat, maka semua pihak harus mengutamakan keselamatan bersama, mengurangi interaksi semaksimal mungkin adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan angka penularan virus corona.

Malaysia sejak beberapa waktu memang telah memberlakukan sistem lockdown untuk negara tersebut, mereka melarang seluruh kegiatan yang menimbulkan keramaian dan menyedot masa. Pemerintah juga membuat kebijakan larangan pergi ke luar negeri dan larangan menerima turis untuk sementara waktu ini.

Mengingat kondisi yang tidak kondusif maka Moonton secara resmi kini telah menghentikan turnamen Mobile Legends terbesar tersebut. Melalui media sosialnya Moonton mengatakan bahwa gelaran MPL tersebut terpaksa harus dibatalkan karena penyebaran virus corona, dan jika mereka tetap memaksakan untuk melanjutkan turnamen bukan tidak mungkin itu hanya akan menambah persebaran virus corona.

Seperti yang telah kamis inggung diatas bahwa hingga saat ini Moonton tetap menggelar turnamen MPL di Indonesia, meskipun saat ini Indonesia juga sudah memasuki masa genting Corona. Karena kondisi Indonesia yang seperti saat ini maka seluruh pihak yang terlibat baik pemain, maupun staff harus menggunakan masker dan juga memakai antiseptik, selain itu gelaran MPL juga dilakukan tanpa penonton.

Hingga minggu ke 6 ini tim BTR RA masih kokoh di punca klasemen, jika mereka berhasil bertahan di puncak klasemen hingga 2 pekan kedepan maka mereka akan keluar sebagai juara MPL Season 5.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Mobile Legend