Connect with us

Dota 2

One Esports Jakarta Invitational Ditunda Karena Krisis Corona

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terdampak corona. Indonesia yang pada sekitar 3 minggu lalu diakbarkan ada 2 orang positif coorna kini, pertanggal 14 Maret 2020 sudah ada 96 orang positif terinfeksi Corona di Indonesia, 8 diantaranya berhasil sembuh dan 5 orang meninggal dunia. Melihat kondisi yang kritis seperti saat ini wajar rasanya jika berbagai kegiatan yang melibatkan masa harus ditunda dulu, termasuk salah satunya adalah ONE Esports Jakarta Invitational.

Beberapa waktu lalu piha ONE Esports telah membuat pernyataan bahwa acara One Esports Jakarta Invitational kini resmi ditunda, dikarenakan mewabahnya virus Corona. Dalam pernyataan resminya pihak ONE Esports juga telah menyertakan jadwal tunda pada akhir tahun 2020 ini, atau lebih tepatnya pada bulan November.

Kita sama tahu bahwa sebenarnya ini bukan kali pertama agenda esports terpaksa harus ditunda atau dibatalkan karena virus Corona, sejak awal tahun telah ada berbagai agenda Dota 2 yang terpaksa terganggu, Alasan utamanya adalah karena pembatasan penerbangan, ada banyak negara yang tidak mendapatkan izin terbang. Hal tersebut tidak lain sebagai upaya untuk meredam virus yang tengah mewabah ke seluruh dunia, yakni Corona atau COVID 19.

One Esports selaku penyelenggara acara pada akhirnya juga mengubah sistem kualifikasi, yang mana sebelumnya sistem kualifikasi regional Indonesia yang akan dipakai adalah terbuka untuk umum, akan tetapi kualifikasi tersebut kini diselenggarakan secara tertutup atau tanpa menghadirkan penonton.

Untuk menuju acara puncak Invitational ini sebenarnya pihak ONE Esports telah melakukan serangkaian acara kualifikasi di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara. Babak kualifikasi telah muali dilakukan pada tanggal 22 Februari dan akan berakhir hari ini tanggal 15 Maret. Namun dikarenakan situasi yang semakin tidak memungkinkan seperti saat ini maka mau tidak mau beberapa negara termasuk Indonesia harus mengadakan proses kualifikasi secara tertutup, dan acara utama terpaksa harus dijadwalkan ulang pada bulan November mendatang.

Tentunya kabar mengenai ditundanya acara Jakarta Invitational ini menjadi salah satu kabar buruk bagi semau orang yang terlibat, jelas ada rasa khawatir karena sebelumnya acara LA Major juga terpaksa harus dibatalkan. Pembatalan Los Angles Major adalah karena adanya larangan perjalanan dari Eropa ke Amerika oleh pihak pemerintah Amerika.

Jadi kini Jakarta Invitational adalah turnamen Dota 2 ke dua yang terpaksa harus ditunda arena virus Corona. Melihat situasi yang ada seperti sekarang, jelas muncul banyak kekhawatiran tentang penyelenggaraan kualifikasi DPC putaran 3 yang seharusnya mulai berjalan pada akhir bulan Maret ini. Sungguh bukan kabar yang  mengejutkan jika nanti akhirnya akan ada lebih banyak agenda DOTA 2 yang turut di tunda atau bahkan dibatalkan.

Sebenarnya turnamen Jakarta Invitational memang tidak masuk dalam rangkaian DPC, akan tetapi bagaimanapun kita sama tahu  bahwa Jakarta Invitational juga merupakan salah satu turnamen besar yang akan diselenggarakan, dan dinanti-nanti oleh banyak komunitas Dota 2.

Pada event Jakarta Invitational nantinya akan ada hadiah sebesar 500.00 USD yang akan diperebutkan oleh tim-tim top dunia, yang mana salah satunya adalah Reality Rift. Jika semuanya bisa kembali berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan kembali maka dipastikan tahun ini akan menjadi tahun yang sangat sibuk bagi One Esports, karena pada Juni nanti mereka juga harus menjadi tuan rumah Major terakhir rangkaian DPC.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Dota 2