Connect with us

Esports

Pesatnya Pertumbuhan Bisnis Esports Diyakini Akan Terus Bergerak Naik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara langsung oleh sebuah perusahaan bernama KADOKAWA Game Linkage diketahui bahwa dalam beberapa waktu pasar esports di Jepang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Dari segi pemasukan Jepang mengalami peningkatan menjadi $55 karena pertumbuhan sebesar 27%, selain itu untuk segmen penonton esports di Jepang juga mengalami peningkatan sebesar 26%, dengan jumlah total sebanyak 4,8 penonton.

Asia timur memang salah satu wilayah yang memiliki perkembangan esports sangat pesat, bahkan dibandingkan dengan Jepang, negara tetangganya seperti Tiongkok dan Korea Selatan keduanya memiliki angka pertumbuhan yang lebih besar. Akan tetapi meskipun demikian setidaknya hingga saat ini Jepang telah mampu menunjukan angka menjanjikan untuk pertumbuhan esports di negara tersebut. Salah satu langkah besar yang diambil oleh Jepang untuk bidang esports adalah mendirikan Japanese eSports Union (JeSU).

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa data yang mengatakan bahwa Jepang memiliki pertumbuhan yang amat pesat dalam dunia esports adalah dilansir dari KADOWA game. Dalam laporannya mereka mulai merilis data perkembangan esports Jepang di tahun 2018, seperti yang kita ketahui bahwa 2018 adalah titik nol perkembangan dunia esports profesional Negeri Sakura tersebut. Masih pada tahun yang sama, ada banyak organisasi yang bermunculan dan juga mulai dibuatnya berbagai macam aturan terkait pertandingan atau turnamen esports yang diselenggarakan. Salah satu peraturan yang dibuat oleh pihak Jepang adalah menghilangkan perjudian dalam tiap pertarungan esports, sebaliknya mereka mengganti hal tersebut dengan total hadiah yang cukup menggiurkan.

Berdasarkan laporan perkembangan yang dipublikasikan oleh pihak KADOKAWA Game diketahui bahwa di kurun waktu 2 tahun lamanya, perkembangan esports jepang bahkan mampu mencapai angka 25%. Selain itu mereka juga memberikan perkiraan bahwa pesatnya pertumbuhan ini akan terus mengalami perkembangan yang juga kian meningkat tiap tahunnya. Pertumbahan esports Jepang diperkirakan akan mencapai 26% YoY, bahkan kemungkinan akan meningkat sampai tiga kali lipat pada tahun 2023, atau dalam kurun waktu 5 tahun.

Jika melihat cepatnya perkembangan pendapatan pasar esports Jepang maka tidak bisa dipungkiri hal tersebut dikarenakan adanya sponsor tim yang menempati tiga perempat dari pasar esports, tentunya sponsor ini juga menjadi pemasukan paling besar. Sedangkan pendapatan yang lain diperoleh dari penjualan tiket, merchendise, hak media dan juga lisensi. Melihat hal demikian menurut KADOKAWA membuat banyak perusahaan Jepang bersaing untuk menjamah dunia epsorts.

Pihak KADOKAWA juga memberikan perkiraan bahwa dalam beberapa waktu kedepan akan ada banyak tim atau organisasi esports yang akan mulai bermunculan, hal tersebut juga dikarenakan besarnya keuntungan bisnis esports yang cukup menjanjikan. Terlebih jika melihat pemirsa esports Jepang kian tahun jumlahnya kian bergerak naik, bahkan dalam kurun waktu dua tahun telah mengalami peningkatan sebesar 26%.

Perkara jumlah penonton esports juga diperkirakan untuk beberapa tahun kedepan masih akan terus menglami peningkatan jumlah. Bahkan berdasarkan perkiraan yang dikemukakan oleh pihak KADOKAWA, pertumbuhan penonton esports Jepang akan mampu mencapai angka 250% dalam kurun waktu empat tahun kedepan.

Jika melihat sekian banyak yang telah dipaparkan oleh pihak KADOKAWA bisa kita simpulkan hingga kini telah ada sekitar 10% populasi masyarakat Jepang yang turut andil dalam perkembangan esports di Negeri Sakura. Tentunya angka ini masih mungkin akan terus bergerak naik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Esports