Connect with us

Esports

Riot Games Pilih Redd+E Sebagai Broacaster LOL

PCS Riot Games LoL

Pada Senin (13/1/2020) lalu, Riot Games memberikan pengumuman bahwa mereka telah memilih Redd+E sebagai broadcaster resmi pada acara PCS 2020. Distribusi hak siar ini berlaku untuk Asia Tenggara, Hongkong, Taiwan dan Macau. Dengan melakukan kerjasama sama ini diharapkan pemain dan penggemar League of Legends (LoL) dapat menikmati dikawasan tersebut.

Pasific Championship Series (PCS) merupakan liga Esports Profesional untuk pemain League of Legends (LoL). Pesertanya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, Hongkong, Taiwan dan Macau. Ini adalah liga baru yang merupakan gabungan dari 2 kompetisi LoL sebelumnya LMS dan LST.

Menurut rilis tujuan untuk membuat liga baru adalah untuk terus meningkatkan level kompetisi di kawasan tersebut. Pasalnya, minat LoL mulai menurut setelah LMS dan LST berhenti berjalan.

Liga yang diikuti oleh 10 tim, namun sejauh ini hanya 9 tim yang sudah diumumkan. Kabarnya tim terakhir akan segera diumumkan oleh Riot Games dan penyelenggara acara dalam waktu dekat.

Dari 9 tim yang sudah siap untuk bertanding, hanya 3 tim yang berasal dari Asia Tenggara. Ketiganya adalah Liyab Esports (Filipina), Nova Esports (Thailand), Resurgence (Singapura). Sedangkan enam lainnya merupakan tim dari Hongkong dan Taiwan, bisa jadi termasuk satu tim yang belum diumumkan itu.

Siaran pertandingan PCS akan ada di saluran Redd+E ini nantinya tersedia dalam bahasa Inggris, Thailand dan Mandrain. Bagi penggemar di Ingonesia dan negara diluar jangkauan Redd+E, kemungkinan hanya dapat menyaksikannya secara streaming.

“sekarang Esports Profesional kami sudah memasuki musim ke-10, ini waktu yang tepat untuk meluncurkan Pacific Championship Series. PCS telah menggabungkan beberapa komunitas terbesar kami untuk menciptakan liga regional yang menarik dengan berbagai perwakilan.” kata Chris Tran, kepala Esports Asia Tenggara Riot Games.

Memperjuangkan hak siar media memang saat ini menjadi tema besar di tahun 2020. Dimana saat ini penyelenggara turnamen Esports akan berkerja dengan saluran streaming untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya seperti yang telah dilakukan oleh perusahaan Tiongkok, BliBli baru-baru ini.

BliBlie merupakan perusahaan video sharing seperti Youtube khusus untuk wilayah China. Mereka membayar ¥800 juta ($113 juta) untuk menjadi pemegang hak siar streaming secara langsung League of Legends World Championship di Tiongkok. Kesepakatan itu berlaku hingga 3 tahun kedepan.

Seperti yang diketahui bahwa League of Legends telah menjadi salah satu permainan Esports terbesar di dunia. Di wilayah yang dicakup oleh PCS, LoL diterbitkan dalam kemitraan dengan perusahaan layanan digital Singapura, Garena.

Redd+E adalah salah satu anak perusahaan dari Reddentes Sports yang berbasis di Singapura. Sebelumnya mereka telah melakukan kerjsama dengan bisnis lain untuk memberikan fasilitas serta mengatur berbagai acara untuk turnamen Esports.

Mark Chew, Managing Director Reddentes Sports mengatakan “Dengan jutaan pemain di Asia Tenggara, Hongkong, Taiwan dan Macau penggemar dapat menonton LoL PCS 2020. Kami sangat senang dapat berkerja sama dengan Riot Gamesw untuk mengindetifikasi mitra yang dapat meningkatkan pengalaman ini untuk para penggemar.

Pacific Championship Series akan mulai disiarkan pada tanggal 8 Febuari 2020 mendatang. Liga ini menggunakan format best-of-one dengan playoff elimnasi ganda.

Statistik menunjukkan bahwa PCS memiliki beberapa wilayah dengan basis pemain global yang kuat. Namun semua sudah berlalu sejak popularitas tersebut diterjemahkan sebagai kesuksesan Esports. Semua mata kini akan tertuju pada PCS setelah LMS dan LST tidak ada lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Esports