Connect with us

Esports

Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Para Penggemar Game Online

Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa game online semakin memiliki banyak penggemar di tanah air. Bahkan pecinta game online berasal dari berbagai kalangan, baik beragam secara usia, profesi maupun yang lainnya. Ada banyak alasan yang membuat seseorang sangat betah memainkan permainan game online selama berjam-jam. Beberapa diantaranya karena game online memberikan keseruan pada para pemainnya, karena kebanyakan game online biasanya memiliki jalan cerita. Selain itu banyak pula orang yang menganggap bahwa game online mampu memberikan hiburan, jadi untuk mereka yang telah penat dengan segudang aktivitas sekolah/kampus atau kantor akan merasa senang dan nyaman memainkan game online. Sealin itu tampilan grafis game online biasanya juga sangat menarik dan keren sehingga membuat para gamers merasa puas dan betah.

Akan tetapi Anda tentunya juga tahu bahwa kecanduan game tidak selalu memiliki dampak positive, harus diakui bahwa berada didepan gadget dalam waktu lama juga akan memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Bagi seorang pemain game terutama mereka yang merupakan atlet profesional eSports mata adalah satu hal yang sangat berharga. Pasalnya mata yang sehat akan membantu mereka melakukan permainan dengan lebih baik, karena mereka akan fokus pada monitor, sehingga dengan tenang akan mampu memenangkan permainan.

Bagi seorang profesional kadang kala mereka memang dituntut untuk harus menghadap monitor dalam waktu yang cukup lama, katanya sekitar 8 sampai 12 jam. Sedangkan disisi lain memandang monitor atau gadget dalam waktu lama akan membuat mata sakit dengan gejala perih, kemerahan, kering, atau gatal. Bahkan salah satu efek yang cukup merepotkan dan harus diwaspadai adalah mata sakit mampu menyebabkan pusing dan menganggu konsentrasi. Untuk seorang pro player terserang pusing dan kehilangan konsentrasi saat bertanding adalah sebuah bencana, karena dengan demikian bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan kesempatan untuk memenangkan pertandingan.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa dicoba oleh semua orang yang kerap menghabiskan banyak waktu didepan gadget, terutama mereka yang kecanduan game online. Hal-hal dibawah ini adalah tips menjaga kesehatan mata untuk Anda :

  • Upayakan Sering Melakukan Istirahat Mata

Banyak orang yang menyepelekan hal ini jika sudah asyik didepan gadget. Padahal hal ini adalah satu hal yang sangat penting, meskipun Anda harus berhenti sebentar dalam permainan namun melakukan hal ini tetap harus Anda sempatkan. Karena dengan mengistirahatkan mata akan memberikan dampak yang baik untuk mata. Jika bisa saat melakukan istirahat usahakan untuk melihat hal-hal berwarna hijau seperti tumbuhan atau pepohonan. Dalam pola hidup sehari-hari pastikan untuk menjaga pola tidur, dan jangan pernah memaksakan tubuh jika tubuh sudah merasa lelah.

  • Perhatikan Makanan Yang Anda Konsumsi

Makanan juga merupakan satu hal yang harus mendapatkan perhatian khusus jika Anda ingin hidup sehat dan menjaga kesehatan mata Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang cukup gizi dan yang sesuai dengan anjuran kesehatan. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, karena vitamin adalah vitamin yang mendukung kesehatan mata.

  • Sesuaikan Cahaya Monitor Dengan Kondisi Cahaya

Akan lebih baik jika Anda memerhatikan jarak mata Anda dengan jarak monitor, jangan terlalu dekat namun jangan pula terlalu jauh. Idealnya jarak antara mata dan monitor adalah 70 cm. Sealin memperhatian jarak Anda juga harus memerhatikan kecerahan monitor yang Anda gunakan, pastikan kecerahan monitor sesuai dengan keadaan cahaya lingkungan Anda.

Itu dia beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa Anda coba terapkan, agar mata Anda tetap sehat meskipun Anda gemar bermain game online.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Esports