Connect with us

CS: GO

TV 2 Norwegia Dapatkan Hak Siar Blast dan ESL Pro Tour

Selama ini seperti yang kita ketahui bahwa tayangan esports lumayan jarang bisa dinikmati di saluran televisi free to air layaknya pertandingan-pertandingan olahraga konvensional seperti sepak bola. Akan tetapi untuk masyarakat Eropa sepertinya hal tersebut pelan-pelan tidak akan berlaku lagi, pasalnya telah ada beberapa layanan televisi yang kini telah mendapatkan hak siar turnamen esports seperti ESL Pro Tour. Baru-baru ini telah dikonfirmasi bahwa salah satu televisi dari Norwegia, yakni TV 2 telah melakukan kemitraan dengan turnamen CS : GO.

Dari kemitraan tersebut diketahui bahwa kemitraan tersebut nantinya pihak TV 2 akan secara eksklusif akan menyiarkan 2 turnamen, yang mana kedua tersebut adalah Blast Premier dan ESL pro Tour. Akan tetapi dari berita yang telah diterbitkan pula diketahui bahwa kontrak penyiaran dua turnamen tersebut dilakukan secara terpisah. Untuk bagaimana lebih lengkap tentang isi perjanjian/kontrak keduanya hingga kini tidak diungkapkan ke publik.

ESL Pro Tour merupakan sebuah kompetisi kolaborasi antara ESL dan Dreamhack, dalam kompetisi kolaborasi tersebut nantinya akan ada sekitar 20 turnamen, dan seluruh turnamen tersebut akan ditayangkan secara eksklusif oleh saluran TV asal Norwegia. Jadi seluruh pertandingan dalam turnamen akan bisa disaksikan secara gratis oleh masyarakat setempat.

Gelaran turnamen tersebut nantikan akan disiarkan oleh pihak TV 2 dengan menggunakan studio produksi milik mereka sendiri, selain itu tentunya mereka juga akan mengajak caster lokal berkolaborasi untuk membawakan acara ini. Dari kemitraan yang dilakukan pihak TV asal Norwegia ini telah mendapatkan hak siar mulai ajang ESL Pro League Season 11, setelahnya akan langsung dilanjutkan dengan turnamen Masters pada Maret 2021 mendatang.

Sedangkan BLAST Premier yang juga akan mereka siarkan adalah sebuah kompetisi bertajuk Spring dan Fall yang akan berlanjut hingga Global Final. Terkait lisensi kemitraan antara kedua belah pihak ini telah diatur oleh pihak Leagardere Sports, yang mana bebera saluran tv lainnya juga telah menjadi bagian dari mereka.

Terkait kerjasama antara BLAST dan TV 2 ini, Alexander Lewin selaku distributor Pemrograman Blast mengaku senang karena akhirnya pihaknya dapat kembali memperpanjang kontrak dengan pihak TV 2 di tahun 2020 ini. Dirinya juga mengakui kecakapan tim produksi milik TV 2, dan juga  mengagumi jangkauan serta minat yang dimiliki oleh saluran TV asal Norwegia tersebut terhadap esports.

Dalam hal kerjasama ini pihak TV 2 Norwegia memang menunjukkan keseriusan yang mendalam, mereka bahkan secara khusus telah menyiapkan dua tim lokal untuk nantinya turut mengambil andil dalam turnamen Elisa Invitational. Turnamen tersebut merupakan babak kulaifikasi kompetisi BLAST Premier di Finlandia, acara Elisa Invitational ini seharusnya dilangsungkan pada tanggal 1-3 Mei mendatang, akan tetapi dikarenakan adanya penyebaran virus corona maka pihak Finlandia melarang penyelengaraan acara tersebut karena akan memakan masa lebih dari 500 orang.

Dari pihak TV 2 Norwegia yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh pihak Pimpinan Redaksi, Jansen Hagen mereka juga mengatakan mengaku sangat senang atas keberhasilan yang diraih oleh pihaknya untuk mengamankan hak siar BLAST. Memiliki kesempatan yang demikian TV 2 berjanji akan senantiasa menyajikan tayangan esports yang berkualitas bagi masyarakat Norwegia.

Dikarenakan adanya ancaman virus corona yang merebak cepat di Eropa maka, mau tidak mau nantinya ESL Pro League yang juga bagian dari ESL Pro Tour akan dilaksanakan secara online. Untuk acara BLAST hingga kini masih tetap dengan jadwal yang sama yakni digelar pada tanggal 2 Juni mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CS: GO